Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Penyebab mata ikan di tangan, bukannya tanpa alasan mengapa tiba-tiba saja muncul mata ikan di tangan Anda, entah itu di telapak maupun sela-sela jari tangan. Adanya gesekan atau tekanan

Berikut ini adalah penyebab mata ikan di tangan yang perlu Anda ketahui.

1. Alat Musik

Alat musik berdawai seperti gitar berpotensi untuk menyebabkan munculnya mata ikan di tangan Anda.

Pasalnya, bermain gitar mengharuskan jari Anda untuk menekan senar dengan cukup kuat sambil berpindah dan bergeser saat berganti akor atau memainkan melodi. Ditambah lagi tangan satunya yang harus memetik senar.

Nah, tekanan dan gesekan tangan dengan senar gitar inilah yang kemudian bisa berujung pada timbulnya mata ikan atau clavus. Semakin sering Anda bermain gitar, semakin besar pula potensi kemunculan mata ikan.   

2. Olahraga

Aktivitas olahraga—terutama yang membutuhkan peran tangan—juga menjadi penyebab mata ikan di tangan.

Itu sebabnya, mata ikan menjadi masalah kulit yang kerap dialami oleh para atlet profesional seperti atlet angkat besi, sepeda, dan sepakbola (utamanya penjaga gawang).

3. Perkakas Berat

Mereka yang sehari-harinya berkutat dengan pekerjaan yang mengharuskan penggunaan sejumlah perkakas berat seperti mekanik, montir, dan semacamnya juga sangat berpotensi mengalami clavus atau mata ikan di tangan.

Lagi-lagi, timbulnya mata ikan akibat penggunaan perkakas berat seperti obeng, tang, dan sebagainya ini dikarenakan gesekan serta tekanan yang terjadi antara tangan dengan perkakas-perkakas tersebut.

Baca juga: Kopi Menyebabkan Migarin? Simak Penjelasannya Disini!

4. Pemantik Api

Anda yang merupakan perokok aktif tentu sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, bukan?

Ya, pemantik api atau biasa kita sebut sebagai ‘korek api’ ternyata juga masuk ke dalam daftar penyebab mata ikan muncul di tangan.

Masih sama seperti faktor-faktor yang telah dijelaskan sebelumnya, alasan mengapa pemantik api dapat menyebabkan timbulnya mata ikan adalah adanya tekanan dan gesekan yang terjadi antara tangan dengan alat ini saat digunakan untuk memantik api.

Jadi, Anda sebaiknya lebih berhati-hati lagi ketika menggunakan pemantik api untuk menyalakan rokok jika tidak ingin mata ikan timbul di jari tangan.

Selain itu, munculnya mata ikan di tangan juga dipengaruhi oleh faktor risiko yakni usia. Seiring bertambahnya usia, jaringan pada kulit akan semakin menipis. Jika sudah begitu, maka kulit akan lebih rentan untuk mengalami peradangan saat tertekan atau tergesek hingga berujung pada timbulnya mata ikan ini.

Ciri dan gejala mata ikan di tangan, mata ikan di tangan dapat dikenali melalui sejumlah ciri dan gejala. Berikut ini adalah ciri-ciri mata ikan di tangan beserta gejala lain yang menyertainya:

  • Benjolan kecil berbentuk bulat di jari tangan maupun sela-selanya
  • Benjolan berwarna kekuningan
  • Benjolan memiliki tekstur keras (terutama di bagian tengah), kasar, berkerak
  • Pada benjolan, terdapat bintik hitam kecil. Bintik hitam kecil sejatinya merupakan gumpalan pembuluh darah
  • Benjolan terasa nyeri, terutama saat disentuh atau ditekan

Akan tetapi, ada juga mata ikan yang tidak menimbulkan rasa nyeri. Untuk kasus yang satu ini, biasanya mata ikan muncul akibat pemakaian kosmetik wajah.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Permata Bunda support by PT. PMI

Telepon Kami       0812 2490 5487