Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Salah satu peneliti yang terlibat, Elizabeth Mostofsky dari Harvard T.H Chan Public Health menyebut konsumsi satu atau dua cangkir minuman berkafein seperti kopi tidak akan menyebabkan gejala migrain muncul, namun jika sampai mereka mengonsumsi tiga cangkir, maka gejalanya bisa saja muncul.

“Dampak kafein pada risiko migrain sangatlah kompleks. Hal ini sangat bergantung pada dosis dan frekuensi mengonsumsinya. Hanya saja, telah banyak penelitian yang menyebut konsumsi kopi memang sebaiknya dibatasi demi mencegah datangnya beberapa jenis masalah kesehatan, termasuk migrain,” ucap Mostofsky.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa 98 orang dewasa dilibatkan. Mereka semua memiliki riwayat migrain episodik dan diminta untuk mencatat kebiasaan minum kopi setiap hari. Mereka juga diminta untuk mencatat kapan saja mulai mengalami sakit kepala, kebiasaan mengonsumsi alkohol, konsumsi obat-obatan tertentu, pola tidur, stres yang dialami, hingga siklus menstruasi.

Setelah mempertimbangkan dengan berbagai macam faktor seperti jenis kelamin, umur, faktor lainnya, dan lain-lain, dihasilkan fakta bahwa konsumsi kafein hingga tiga porsi atau lebih, baik itu berupa dari kopi atau minuman lain seperti teh ata minuman bersoda, bisa meningkatkan risiko terkena migrain.

Melihat fakta ini, kita memang sebaiknya tidak minum kopi dengan berlebihan demi menjaga kondisi tubuh.

Tips mencegah kambuhnya migrain, selain dengan cermat saat mengonsumsi kopi, pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara lain yang bisa kita lakukan demi mencegah kekambuhan migrain.

Berikut adalah tips mencegah migrain tersebut.

Baca juga: Tanda Kanker Tenggorokkan, Anda Mesti Tahu!

  1. Menghindari Cahaya Terlalu Terang dan Suara yang Terlalu Bising

Cahaya lampu yang terlalu terang seperti lampu strobo kendaraan, cahaya di bioskop, hingga cahaya dari layar ponsel kita sendiri bisa menyebabkan datangnya migrain. Selain itu, suara yang terlalu bising seperti saat berada di dalam keramaian, acara konser, atau acara lainya juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Cobalah untuk menghindari cahaya-cahaya terlalu terang atau setiadknya menurunkan penggunaan gawai demi membuat mata tak lagi tegang sehingga bisa mencegah migrain.

  1. Cermat Memilih Makanan

Beberapa jenis makanan atau minuman seperti minuman berkafein, minuman beralkohol, makanan dan minuman yang manis, cokelat, daging olahan, keju, hingga anggur merah berpotensi menyebabkan datangnya migraine jika dikonsumsi dengan berlebihan.

  1. Mewaspadai Perubahan Hormon Saat Menstruasi

Saat menstruasi, kaum hawa bisa mengalami perubahan hormon yang bisa membuat masalah migrain muncul. Jika kondisi ini berlangsung cukup parah, tak ada salahnya meminta bantuan dokter demi mencegah terjadinya ketidakseimbangan hormon selama menstruasi.

  1. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga bisa meningkatkan kadar hormon yang bisa memberikan rasa bahagia dan rileks di otak sehingga bisa mencegah gejala migrain muncul.

  1. Tidur Nyenyak

Tidur nyenyak dengan waktu yang cukup setiap malam terbukti bisa mencegah datangnya migrain dengan efektif.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Permata Bunda support by PT. PMI

Telepon Kami       0812 2490 5487