Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan jaringan yang melapisi permukaan rongga sinus. Normalnya, sinus yang sehat dipenuhi dengan udara, akan tetapi ketika rongga tersumbat dan dipenuhi dengan cairan, kuman dapat tumbuh dan menyebabkan infeksi. Berikut Pengobatan sinusitis dan Pencegahan nya.

Pengobatan Sinusitis

Jika Anda memiliki infeksi sinus ringan, dokter biasanya menyarankan untuk menggunakan pencuci hidung yang mengandung dekongestan dan garam. Meski begitu, Anda tidak boleh menggunakan dekongestan lebih dari 3 hari, karena hal itu bisa memperburuk kondisi sinusitis.

Berikut adalah berbagai pengobatan sinusitis yang bisa Anda lakukan di rumah, di antaranya:

1. Banyak Minum Air Putih

Hidrasi yang baik atau minum air yang banyak dapat membantu mengurangi lendir dan membuat rongga sinus longgar.

2. Menghirup Uap Panas

Tuangkan air panas ke dalam panci kemudian tutupi kepala dengan handuk sambil menghirup uap dari panci. Selain menggunakan panci, uap juga bisa didapatkan dari minuman panas atau konsumsi sup, karena kunci meredakan sinusitis terletak pada uap yang dihasilkan.

3. Mengatur Posisi Kepala

Cobalah tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari tubuh. Jika salah satu posisi membuat kepala Anda sakit, tidurlah dengan posisi yang tidak menyakitkan.

4. Cairan Saline

Pengobatan sinusitis berikutnya menggunakan semprotan saline (air garam) untuk mengurangi lendir dan membilas sinus.

Caranya:

  • Sebelum menggunakan semprotan saline, terlebih dahulu bersihkan tangan dan hidung.
  • Tegakkan kepala dan semprotkan saline pada setiap lubang hidung (tekan botol dengan kuat), sementara lubang yang lainnya ditutup.
  • Setelah beberapa menit, bersihkan hidung dan jangan sampai bersin.
  • Bersihkanlah ujung botol saline dengan lap hangat atau tisu.

5. Obat Penghilang Rasa Sakit

Obat sinusitis ini dijual bebas seperti aspirin atau asetaminofen dapat membantu mengurangi rasa sakit dan demam yang ditimbulkan oleh sinusitis.

Baca juga: Gejala, Pengobatan dan Pencegahan Vertigo

6. Dekongestan

Dekongestan adalah obat yang bisa digunakan untuk meredakan hidung tersumbat. Contoh dekongestan seperti pseudoefedrin atau fenilefrin kadang-kadang meningkatkan tekanan darah, membuat gelisah, dan membuat Anda terjaga di malam hari

Sementara itu, semprotan hidung yang mengandung fenilefrin atau oxymetazoline tidak memiliki efek samping seperti dua jenis obat di atas, tetapi jika Anda menggunakannya terlalu sering atau terlalu lama, hidung bisa iritasi atau membuat ketergantungan.

7. Steroid Hidung

Obat sinusitis lainnya yang bisa digunakan adalah steroid hidung. Obat semprot steroid harus digunakan dengan benar untuk menghindari efek samping. Baca petunjuk dengan seksama untuk menghindari masalah. Konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan cara ini jika Anda memiliki alergi atau jika sinusitis membandel.

8. Antibiotik

Dokter bisa meresepkan antibiotik untuk melawan infeksi bakteri. Antibiotik diberikan ketika gejala sinusitis akut semakin memburuk.

Pencegahan sinusitis, berikut sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terserang sinusitis, di antaranya:

1. Bersihkan Hidung Setiap Hari

Basuh hidung menggunakn air dengan lembut untuk membantu membersihkan lendir yang berlebih dan melembapkan selaput. Waktu yang baik untuk membersihkan hidung adalah saat pagi dan malam hari. Sementara pada siang hari, gunakan semprotan saline untuk melembapkan saluran hidung.

2. Minum Air yang Banyak

Minum air dapat menghidrasi tubuh untuk membantu mengurangi lendir. sediakan sebotol air di meja kerja Anda, atau membawa botol air setiap kali melakukan perjalanan agar Anda dapat minum air sepanjang hari.

3. Menghirup Uap

Sama seperti yang telah dijelaskan di atas, sinusitis juga dapat dicegah dengan menghirup uap air hangat. Selain itu, Anda juga bisa mandi air hangat.

4. Hindari Lingkungan yang Kering

Menggunakan pelembap ruangan (humidifier) di ruang keluarga atau tempat tidur untuk membantu mencegah saluran hidung mengering. Pastikan alat pelembap ruangan ini bersih dan bebas dari bakteri dan jamur.

5. Tidur dengan Kepala Terangkat

Lendir dapat berkumpul di sinus ketika tidur terlentang, jadi posisikan kepala terangkat dengan ditopang menggunakan dua bantal.

Baca juga: Pengobatan dan Pencegahan Gusi Bengkak

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Klinik Permata Bunda support by PT. PMI

Telepon Kami       0812 2490 5487