Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Gusi bengkak adalah masalah mulut yang mengganggu bagi setiap orang, di antaranya menyebabkan ketidaknyamanan karena terasa sakit hingga menurunkan selera makan. Cara mengobati gusi bengkak bisa menggunakan bahan alami, salah satu yang sering digunakan adalah garam. Namun masih banyak bahan alami lainnya yang berkhasiat mengatasi gusi bengkak

Sebelum lebih jauh membahas cara mengobati gusi bengkak, kita cari tahu apa saja penyebab gusi bengkak. Penyebabnya adalah bakteri pada plak yang kemudian menginfeksi jaringan gigi sehingga menyebabkan infeksi pada gigi yang membuat gusi bengkak, kemerahan, sakit dan mudah berdarah. Selain itu gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh gingivitis, kehamilan, malnutrisi, dan infeksi.

Pembengkakan pada gusi bisa sangat mengganggu, untuk itu berikut cara mengatasi gusi bengkak:

Baca juga: Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

  1. Kumur Air Garam

Obat gusi bengkak yang satu ini memang menjadi bahan makanan yang sering digunakan untuk mengobati gusi bengkak. Manfaat air garam dapat menetralkan pH mulut, menenangkan radang gusi, dan membantu meringankan pembengkakan berkat sifat anti-inflamasi dari garam.

Anda cukup mencampurkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat. Aduk hingga rata dan gunakan untuk berkumur. Cara mengobati gusi bengkak ini bisa Anda lakukan secara rutin 3 kali dalam sehari, yakni di pagi hari, malam hari, dan setelah makan. Anda akan merasakan gusi bengkak sembuh dalam waktu yang cepat.

  1. Jahe

Bumbu masakan ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung antioksidan yang bermanfaat mengurangi pembengkakan pada gusi dan peradangan.

Caranya terlebih dahulu tumbuk sepotong jahe dan tambahkan 1/2 sendok teh garam sampai menjadi pasta agak kasar. Kemudian oleskan langsung pada gusi bengkak dan biarkan selama 10 sampai 12 menit. Kemudian bilas mulut dengan air. Cara mengobati gusi bengkak ini bisa Anda aplikasikan sekitar 2 sampai 3 kali dalam sehari.

  1. Kunyit

Bumbu dapur berikutnya adalah kunyit sebagai sumber antimikroba yang kuat dan berkhasiat mengurangi peradangan, dan membantu penyembuhan gusi bengkak dengan cepat.

Gunakanlah 1 sendok teh bubuk kunyit, 1/2 sendok teh garam, dan 1/2 sendok teh minyak mustard. Campur ketiga bahan tersebut hingga menjadi pasta. Kemudian oleskan langsung pada gusi yang bengkak. Bilaslah setelah didiamkan selama 10 sampai 12 menit. Cara mengobati gusi bengkak secara alami ini bisa diaplikasikan dua kali sehari

  1. Lemon

Lemon dan air hangat adalah cara mengobati gusi bengkak yang cukup ampuh. Lemon diketahui memiliki senyawa antimikroba yang mampu membunuh mikroba penyebab infeksi dan mengatasi pembengkakan pada gusi, serta dapat menyeimbangkan pH di mulut.

Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan air lemon dengan segelas air hangat. Kemudian kumur-kumur campuran air lemon tersebut. Lakukan cara ini 2 kali sehari agar gusi bengkak cepat sembuh.

  1. Baking Soda

Baking soda dan kunyit merupakan antiseptik dan antibakteri, yang dapat mengobati infeksi penyebab pembengkakan, dan juga mengurangi peradangan gusi dan menenangkan gusi yang lembut.

Campurkan dan aduklah satu sendok baking soda dan sedikit kunyit. Pijatkan ramuan tersebut pada gusi yang bengkak. Kemudian bilas dengan air bersih. Anda juga bisa menggunakan baking soda dengan menyikat gigi untuk mengobati gusi yang bengkak. Aplikasikan tips ini setiap pagi dan setiap malam.

  1. Garam Epsom

Berkumur dengan garam Epsom yang dilarutkan dalam air hangat dapat menenangkan gusi yang bengkak, mengurangi peradangan dan rasa sakit. Garam jenis ini juga sebagai sumber antibakteri yang dapat mengobati infeksi penyebab masalah di mulut.

Cara membuat larutan garam Epsom sangat mudah, anda hanya membutuhkan 1 sendok teh garam Epsom dan segelas air hangat. Campurlah kedua bahan ini hingga larut.

Berkumurlah dengan campuran ini beberapa kali dalam sehari. Ketika berkumur, berhati-hatilah dan jangan sampai larutan garam Epsom tertelan.

  1. Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak karena dapat membantu mengurangi penumpukan plak dan bakteri mulut penyebab pembengkakan pada gusi.

Cara mengaplikasikannya hanya dengan berkumur menggunakan satu sendok makan minyak kelapa atau bisa juga minyak wijen selama 10 sampai 15 menit. Cara mengatasi gusi bengkak ini bisa dilakukan sekali sehari, sebaiknya setiap pagi sebelum menyikat gigi.

  1. Daun Jambu

Cara mengatasi gusi bengkak selanjutnya menggunakan beberapa daun jambu biji. Daun jambu biji memiliki kandungan antibakteri yang melawan bakteri di mulut dan juga dapat membantu mengurangi penumpukan plak di celah gigi. Tentu khasiatnya juga dapat membantu mengurangi gejala masalah gusi, termasuk gusi bengkak.

Gunakan 1 sampai 2 daun jambu biji yang telah dipotong menjadi kecil. Kemudian kunyah selama 30 sampai 60 detik dan keluarkan. Lalu bilaslah mulut dengan air sampai bersih. Tips ini dapat dilakukan 1 sampai 2 kali sehari.

Baca juga: Pengertian, Penyebab dan Gejala Kanker Hati

Cara Mencegah Gusi Bengkak

Bila tidak ingin mengalami gusi bengkak yang menyakitkan, berikut sejumlah cara mencegah gusi bengkak:

  • Sikat gigi secara teratur, yakni sebanyak dua kali dalam sehari atau setiap setelah makan.
  • Gunakan benang gigi secara teratur, untuk membersihkan sisa makanan di celah gigi.
  • Menggunakan produk oral yang aman di mulut dan gigi, seperti pasta gigi dan obat kumur yang cocok untuk Anda.
  • Hindarilah minuman manis, karena dapat menyebabkan penumpukan bakteri di mulut.
  • Hindari merokok
  • Hindari alkohol, karena dapat membuat mulut kering dan mengiritasi gusi.
  • Hindari makanan yang keras atau tajam seperti keripik, biji-bijian, dan popcorn, yang dapat tersangkut di gigi dan menyebabkan rasa sakit.

Itu dia cara mengobati gusi bengkak secara alami yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Namun, bila Anda memiliki masalah medis dan alergi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mencoba pengobatan di atas.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Klinik Permata Bunda support by PT. PMI

Telepon Kami       0812 2490 5487