Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Ginjal adalah organ tubuh yang terletak di bawah tulang rusuk dan terdiri dari 2 (dua) buah, masing-masing berada di sebelah kanan dan sebelah kiri. Ginjal memiliki peran penting di dalam tubuh, yakni menyaring racun tubuh di dalam darah, menjaga keseimbangan mineral, garam, dan asam darah, penghasil enzim pengatur tekanan darah (renin), dan penghasil hormon pembentuk sel darah merah (eritropoetin).

Apabila ginjal mengalami masalah—yang diakibatkan oleh sejumlah faktor—maka fungsi-fungsi tersebut tidak bisa berjalan dengan optimal dan berakibat pada munculnya sejumlah gejala pada tubuh, di antaranya:

  • Berat badan naik tiba-tiba
  • Tidak enak badan
  • Tangan dan kaki membengkak

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal adalah penyakit yang tidak boleh disepelekan karena bisa saja membahayakan jiwa Anda. Sebelum terjadi, lakukan langkah pencegahan penyakit ginjal sedini mungkin. Berikut sejumlah cara mencegah penyakit ginjal yang bisa Anda terapkan.

1. Menerapkan Pola Makan Sehat

Salah satu jenis penyakit ginjal, yakni batu ginjal, disebabkan oleh bahan kimia yang terdapat di dalam sejumlah makanan.

Adalah cokelat, gandum, seledri, kacang-kacangan, dan kedelai, di mana makanan-makanan tersebut mengandung oksalat, senyawa kimia pemicu batu ginjal. Selain itu, makanan yang mengandung protein hewani seperti daging sapi juga berpotensi menyebabkan batu ginjal.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda lebih mengutamakan konsumsi makanan-makanan yang lebih menyehatkan seperti sayur dan buah-buahan. Sah-sah saja jika Anda ingin mengonsumsi makanan-makanan pemicu batu ginjal, namun batasi konsumsinya.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Penyakit ginjal juga diakibatkan oleh asupan air putih yang kurang. Oleh karena itu, cara mencegah penyakit ginjal yang efektif adalah dengan mengonsumsi banyak air putih setiap hari, sekitar 8-10 gelas per hari.

Dengan minum air putih yang banyak, Anda akan lebih sering buang air kecil (BAK), yang mana aktivtas ini sendiri sebenarnya baik karena itu artinya tubuh secara alami membuang racun-racun di dalam tubuh sebelum racun tersebut mengendap dan berubah menjadi batu ginjal.

3. Tidak Merokok

Selain mencegah penyakit paru-paru, tidak merokok juga jadi salah satu cara mencegah dan mengatasi penyakit gagal ginjal. Hal ini karena faktanya, asap dan kandungan yang ada di dalam rokok efektif merusak organ ginjal. Jadi, sebaiknya berhenti merokok sekarang juga sebelum terlambat, ya.

4. Kurangi Konsumsi Garam

Asupan garam yang terlalu berlebihan ditengarai menjadi penyebab tekanan darah tinggi mengalami peningkatan. Tekanan darah tinggi (hipertensi) ini lantas berimbas pada kerusakan di sejumlah organ vital tubuh, tak terkecuali ginjal.

Maka dari itu, cara mencegah penyakit ginjal yang patut Anda terapkan adalah dengan berusaha mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak garam.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang terlalu tinggi, atau disebut dengan penyakit diabetes, menjadi pemicu rusaknya pembuluh darah yang ada di area ginjal salah satunya. Bagi Anda yang kini sedang mengidap diabetes, mengontrol kadar gula darah adalah suatu keharusan karena ini adalah salah satu cara mencegah penyakit ginjal memperburuk kondisi Anda.

Mengontrol kadar gula darah agar senantiasa ideal dapat Anda lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula, dengan diimbangi aktivitas menyehatkan seperti berolahraga secara teratur.

6. Memperbanyak Aktivitas Fisik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyakit gagal ginjal dipicu oleh tekanan darah tinggi (hipertensi). Untuk itu, menurunkan tekanan darah adalah cara mencegah dan mengatasi penyakit gagal ginjal yang Anda alami.

Selain mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam, cara mencegah penyakit gagal ginjal lainnya adalah memperbanyak aktivitas fisik, dalam hal ini berolahraga atau aktivitas-aktivitas ringan lainnya yang bisa dilakukan di rumah, seperti jalan santai dan bersih-bersih rumah.

Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari, dengan durasi antara 30 – 60 menit yang bisa dibagi ke dalam beberapa sesi.

7. Kendalikan Stres

Jangan salah, salah satu pemicu penyakit ginjal adalah stres. Rasa stres memang tidak bisa dihindari, karena stres adalah reaksi alamiah tubuh terhadap pelbagai hal seperti masalah pekerjaan, keluarga, hingga asmara. Namun, stres dapat dikendalikan agar tidak sampai berlarut-larut dan berdampak negatif terhadap kesehatan ginjal.

Oleh karenanya, saat Anda sedang dilanda stres, segera kendalikan rasa stres tersebut sebagai cara mencegah penyakit ginjal. Anda bisa melakukan sejumlah aktivitas seperti olahraga, travelling, berkumpul bersama keluarga atau teman, dan yang tak kalah penting mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa untuk mengusir stres.

8. Cek Kesehatan Secara Rutin

Sedikit banyak, penyakit ginjal juga turut dipengaruhi oleh faktor genetik. Apabila orangtua Anda memiliki riwayat penyakit ginjal, maka kemungkinan Anda untuk mengalami hal yang sama cenderung besar.

Atas dasar itu, maka rutin memeriksakan diri ke dokter adalah cara mencegah penyakit ginjal yang harus Anda lakukan. Hal ini untuk mengontrol kondisi ginjal, yang dilakukan dengan cara memeriksa tekanan darah, kadar gula darah, dan urine.

Dengan begitu, kondisi ginjal bisa terus terpantau dan langkah-langkah pencegahan bisa dilakukan sedini mungkin.

Itu dia informasi mengenai mencegah penyakit gagal ginjal yang penting untuk ketahui. Jaga terus kesehatan ginjal agar Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik. Semoga bermanfaat!

Source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Klinik Permata Bunda support by PT. PMI

Telepon Kami       0812 2490 5487